Pendidikan Seni Tari


VISI


Pada tahun 2025 Jurusan Pendidikan Seni Tari FBS UNY menjadi jurusan yang unggul dan kompetitif dalam menghasilkan tenaga pendidik yang bertaqwa, mandiri dan cendekia.


MISI


  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang seni tari sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni tari.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang seni tari dalam rangka pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dalam bidang seni tari di tingkat lokal, nasional dan internasional.

Kompetensi Lulusan


  1. Lulusan Program Studi Pendidikan Seni Tari jenjang S1 mempunyai profil utama sebagai pendidik seni tari profesional di SMP/M.Ts, SMA/MA/SMK yang memiliki kompetensi kepribadian, profesional, sosial dan pedagogik dalam menjalankan tugasnya, serta memiliki kemampuan mengembangkan kurikulum yang berlaku di sekolah.
  2. Penari profesional yang memiliki sikap disiplin dan tanggungjawab atas pekerjaannya, serta mampu merefleksikan fenomena kehidupan seni tari dalam masyarakat.
  3. Koreografer/penata tari profesional yang memiliki kompetensi manajerial, interaksi sosial, dan komunikasi sosial dalam berkarya seni, serta memiliki tanggungjawab atas karya ciptanya, terutama pada bidang koreografi anak dan remaja.
  4. Wirausahawan di bidang seni pertunjukan khususnya bidang pengelolaan sanggar tari yang dalam menjalankan tugasnya memiliki kompetensi manajerial, sosial dan interaksi sosial.