Prodi Pendidikan Seni Tari Raih Akreditasi A

Satu lagi program studi di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) dapatkan akreditasi A. Prodi Pendidikan Seni Tari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) berhasil meraih peringkat akreditasi A. Demikian hasil yang terunggah di laman https://sapto.banpt.or.id. Keputusan tersebut tertuang dalam keputusan BAN-PT No. 2778/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017 yang ditandatangani Prof. T. Basaruddin, selaku Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Keputusan hasil akreditasi Program Studi Pendidikan Seni Tari FBS UNY ini menyusul hasil dari Program Studi Pendidikan Seni Kerajinan yang telah ditetapkan pada 7 Agustus 2017 sebelumnya, dengan hasil akreditasi A. Sebelumnya, Prodi Pendidikan Seni Tari FBS UNY memperoleh nilai B. Peningkatan hasil akreditasi Prodi Pendidikan Seni Tari FBS UNY merupakan hasil dari pembenahan dan peningkatan kualitas di tingkat program studi. Selain itu, ia merupakan capaian dan kerjasama banyak pihak, baik pimpinan, dosen, mahasiswa, alumni, maupun lembaga-lembaga pengguna.

Dengan keluarnya keputusan akreditasi Prodi Pendidikan Seni Tari, dan sebelumnya Prodi Pendidikan Seni Kerajinan, berarti masih tinggal satu program studi lagi yang sedang menunggu hasil keputusan akreditasi. Prodi tersebut adalah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Pengembangan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online atau yang disingkat dengan “SAPTO” terbukti telah dapat meningkatkan efesiensi dan kapasitas BAN-PT, sekaligus dapat meningkatkan akurasi, objektifitas, transparansi, dan akuntabilitas proses akreditasi program studi. Saat ini, seperti diwartakan laman resmi dikti, BAN-PT telah melakukan akreditasi perguruan tinggi sebanyak 1.118 dan masih ada 3.400 perguruan tinggi lagi untuk diakreditasi. Sementara itu, untuk akreditasi program studi BAN-PT baru mengakreditasi 20 ribu dari 24 ribu prodi yang ada. BAN-PT memprediksi pada tahun 2017 ini harus mengakreditasi sebanyak 35 ribu prodi. [humasfbs]