Kerjasama Prodi Tari dan Universitas di Thailand

Keterangan Sumber Foto: 
Tresna Maya

Rombongan dosen FBS UNY yang terdiri dari Tresna Maya Sofa, S.Pd., M.Pd. (Prodi Pendidikan Seni Tari), Dr. Ayu Niza Machfauzia, M.Pd. dan Drijastuti Jogjaningrum, S.Sn., M.A.(Prodi Pendidikan Seni Musik), Dwi Retno Sri Ambarwati, S.Sn., M.Sn. dan Arsianti Latifah, S.Pd., M.Sn. (Prodi Pendidikan Seni Rupa), dan diketuai oleh Dr. Ari Kusmiatun, M.Hum. telah tiba kembali di Yogyakarta pada tanggal 23 Agustus 2022 setelah 10 hari melakukan lawatan kerjasama dengan empat universitas di Thailand.

Universitas Thailand yang pertama kali di kunjungi oleh rombongan Dosen FBS UNY ialah Yala Rajabath University yang terletak di Provinsi Yala. Setelah 2 hari berada di Yala Rajabath University, rombongan melanjutkan kunjungan ke Songkhla Rajabath University selama 2 hari. Rombongan kembali melanjutkan lawatan ke Walailak University selama 3 hari, dan universitas yang teakhir dikunjungi adalah Thammasat University.

Rombongan dosen membawa misi memperkuat kerjasama dengan balutan Muhibah BIPA dan Seni Nusantara sebagai bagian dalam memperkenalkan bahasa dan seni Indonesia. Kegiatan muhibah dilakukan dalam bentuk workshop tari, musik, dan rupa. Pada kegiatan materi yang diberikan dalam workshop tari yakni Tari Maumere. Tari ini dipilih selain sederhana dan mudah juga menyenangkan bagi para peserta yang merupakan mahasiswa dari universitas asal. Kegiatan workshop disambut baik dan positif oleh para peserta yang ingin mengenal tari Indonesia.